Jumat, 26 April 2013

SUMBER DAYA ALAM

RINGKASAN MATERI HASIL PRESENTASI
 
KASUS
            Kerusakan sumber daya alam karena ulah manusia umumnya diakibatkan karena pengelolaan yang tidak tepat dan tanpa perhitungan. Pengelolaan pertanian dan perikanan yang tidak tepat dan tanpa mengindahkan kelestarian alam akan sangat mengganggu kelestarian sumber daya alam. Pertanian dengan sistem ladang berpindah serta penggunaan alat-alat berbahaya dalam penangkapan ikan adalah salah satu faktor yang dapat mengancam kelangsungan sumber daya alam. Perkembangan teknologi dan industri, selain membawa banyak manfaat, juga dapat mengancam kelangsungan sumber daya alam di bumi. Selain disebabkan karena ulah manusia, kerusakan sumber daya alam juga dapat disebabkan karena bencana alam.
            Lebih dari sepertiga penduduk dunia tak tercukupi kebutuhannya akan air bersih, baik untuk air minum maupun sanitasi. WHO menetapkan jumlah minimun air bersih yang harus tersedia untuk hidup sehat adalah 2000 m3 per orang per tahun. Sekitar 40 negara di dunia ada di bawah angka tersebut. Wilayah Indonesia sendiri  juga mengalami kondisi  kekurangan air, khususnya daerah di pulau Jawa. Data dari data Bappenas tahun 2006, pulau jawa berada dalam kondisi kritis air. Jakarta merupakan salah satu kota yang tidak dapat memenuhi ketersediaan air bersih untuk warganya. Dari 13 sungai yang mengalir di Jakarta, tidak ada satupun yang dapat dikonsumsi sebagai air bersih. Satu-satunya sumber air bersih di Jakarta adalah Waduk Jati Luhur.
 
TANGGAPAN
 Hal yang mengakibatkan banjir apabila datang musim hujan dan munculnya berbagai macam penyakit, sedangkan apabila musim kemarau tiba dapat menyebabkan kekeringan karena kurangnya sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dikarenakan kali, sungai, dan danau telah tercemar limbah dan sampah akibat ulah manusia. Masalah kelangkaan air bersih ini menimbulkan dampak negative terhadap kesehatan. Di Indonesia terdapat empat dampak kesehatan besar disebabkan oleh terbatasnya air bersih, yakni diare, tipus, polio dan cacingan. Penyediaan air bersih bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan menjadi tanggung jawab bersama. Sudah menjadi suatu keharusan setiap masyarakat agar mendukung program pelestarian lingkungan untuk keberlangsungan penyediaan air bersih. Banyak hal yang bisa dilakukan diantaranya dengan menanam pohon, membuat lubang biopori dan bahkan membuat sumur-sumur resapan agar air yang sudah terpakai bisa tertampung lagi dan di filter secara alami oleh lapisan-lapisan tanah. Jika hal tersebut dilakukan, maka kelangkaan air bersih dapat segera diatasi.
Berdasarkan presentasi yang telah dilakukan dan dari studi kasus tentang kelangkaan air bersih di Indonesia, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan Sumber Daya Alam di  Indonesia, khususnya pengelolaan air bersih menunjukan gejala yang semakin mengkhawatirkan. Hal ini terlihat dengan adanya berbagai masalah seperti banjir dan kekeringan yang semakin parah dari tahun ketahun, ditambah lagi konflik penggunaan air dan sumber daya air baik antar sektor dan antar wilayah yang semakin serius. Salah satu penyebab krisis air bersih di Indonesia disebabkan oleh perilaku manusia dan sebagian masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitar seperti dengan membangun pemukiman di pinggir kali, sungai, dan danau serta membuang sampah sembarangan sehingga membuat kali, sungai dan danau tidak dapat berfungsi sebagai penampung air dengan baik.
sumber: http://shadrina-life.blogspot.com/.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar