Belajar membuat simulasi dengan menggunakan software promodel


Pro model merupakan sebuah alat simulasi berbasis windows yang digunakan untuk mensimulasikan dan menganalisis sistem.
Proses 1.
Buka icon promodel apabila sudah di instal di komputer atau laptop. Berikut ini Tampilan awal promodel.




Pilih build.
Menu build merupakan menu untuk membuat dan mengedit model. Kemudian  pilih menu location dan masukan gambar proses yang akan dibuat pada layout seperti dibawah ini:  
Dalam promodel, location diartikan suatu tempat dalam sistem yang tidak bergerak dimana entity akan menjalani proses, sebagai tempat  penyimpanan atau tempat  untuk aktivitas-aktivitas. Dalam model yang dibuat, location  bisa mesin-mesin  atau stasiun kerja. Pertama kali yang harus dilakukan adalah memilih icon untuk melambangkan location. Begitu icon dipilih  dan ditempatkan dalam window layout, maka promodel secara otomatis akan membuat record untuk lokasi yang bersangkutan.
Data-data yang diperlukan dalam mendefinisikan location adalah :
- Name, yaitu nama masing-masing location.
- Capacity, merupakan kapasitas location dalam memproses entity
- Unit, adalah jumlah location yang dimaksud
- Downtimes (DTs), menyatakan saat-saat location tidak befungsi, misal karena kerusakan, waktu set-up, dan lain-lain.
- Rules, digunakan  untuk merumuskan  bagaimana aturan pemrosesan bagi entity yang memasuki location, bagaimana entity yang selesai diproses mengantri, dan bagaimana location yang lebih dari satu unit untuk memproses entity  yang akan datang.
- Notes, digunakan untuk memasukan catatan atau program-program lain.

-          Masukan bahan baku dengan kapasitas 100.
-          Unit 1.
-          Down times : none
-          Stats : Time Series
-          Rules : Oldest
-          Notes : Kosongkan

Langkah selanjutnya pilih kembali menu build lalu Entitas.
Entity adalah sesuatu yang menjadi objek dari suatu proses.Entity dapat berupa part , produk, manusia atau lembar kerja. Yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih icon untuk mewakili masing-masing entity. Begitu icon  dipilih, Promodel akan membuat record  untuk entity yang bersangkutan.
Data-data yang diperlukan untuk mendefinisikan entity adalah :
- Name, yaitu nama dari entity
- Speed, adalah kecepatan entity bergerak atau berpindah dari satu  lokasi ke lokasi berikutnya.
- Stats, menyatakan level statistik dalam mengumpulkan hasil masing-masing tipe entity. Terdapat tiga pilihan yaitu None, Basic, dan Time Series.
Urutan material yang akan di proses adalah:
1.      Raw Material
2.      Barrel
3.      Gear

Langkah selanjutnya adalah pilih menu build lalu resorces:
Resources adalah manusia, sebuah peralatan atau perlengkapan lainnya yang digunakan / bertugas untuk mengantar sebuah entity. Untuk menentukan resources ini, dari menu Build pilih Resources.
Data-data yang diperlukan adalah :
- Name, menunjukan nama dari resources tersebut.
- Units, menunjukan jumlah resource
- Downtimes (DTs), adalah saat-saat location tidak berfungsi, misalnya karena kerusakan, waktu set-up , dan lain-lain.
- Specs, menunjukan jaringan yang dilintasi dan lokasi yang pertamakali dikunjungi.
Berikut ini kebutuhan operator dengan pekerjaannya:
1.      Operator 1 berada di bahan mentah atau raw material
2.      Operator 2 berada di mesin 1
3.      Operator 3 berada di mesin 2
4.      Operator 4 berada di mesin 3 
                     
Langkah selanjutnya pilih menu build lalu path networks.
Path Networks ini terdiri dari node-node dan lintasan yang menghubungkan antara node yang satu dengan node yang lainnya. Untuk menentukan path networks, dari menu Build pilih Path Networks.
Data yang diperlukan adalah :
- Name, yaitu nama lintasan bersangkutan.
- Type, terdiri dari   pilihan non passing artinya pergerakkan hanya berlaku untuk satu arah, passing yang berarti pergerakan berlaku untuk dua arah, dan pergerakkan dengan bantuan Crane.
- T/S   , menunjukan pilihan berdasarkan satuan waktu (Time) atau kecepatan dan jarak (Speed and distance)
- Path, menunjukan jumlah dari lintasan dalam suatu jaringan.
- Interfaces, menunjukan jumlah lokasi yang menghubungkan node dalam path network.



 
Langkah selanjutnya adalah prosses.
Processing merupakan operasi yang terjadi di dalam sistem dan dilakukan pada lokasi dan antar lokasi. Proses merupakan kegiatan pengolahan input yang dilakukan oleh setiap mesin (lokasi) sehingga akan menghasilkan output tertentu. Dikatakan pada lokasi karena disini harus diidentifikasikan proses yang terjadi pada lokasi yang bersangkutan, misalnya lamanya waktu proses, nama material handling yang membawa dan lamanya waktu perpindahan. Untuk menentukan processing ini, dari menu Build pilih Processing.
Data-data yang diperlukan untuk mendefinsikan processing adalah :
- Entity, menyatakan entity sebagai input yang akan diproses
- Location, adalah operasi yang dilakukan pada entity (input) termasuk waktu operasinya.
- Block, maksudnya adalah jalur yang ditempuh entity. Yang diisikan dalam block adalah nomor. Jika nomor blocknya sama maka asal jalurnya sama.
- Output, menunjukkan entity sebagai output yang keluar dari proses.
- Destination, menyatakan lokasi yang menjadi tujuan entity selanjutnya.
- Rule, menyatakan aturan-aturan yang digunakan dalam processing, misalnya proses perakitan  (join), probabilitas, dan lain-lain
- Move Logic, digunakan untuk mendefinisikan  metode pergerakan entity, yaitu dengan             menetapkan waktu pergerakan atau dengan apa entity  dipindahkan.



Kemudian langkah selanjutnya pilih build > arival:
Arrivals
Arrivals menyatakan kedatangan entity dari luar  ke dalam sistem. Untuk menentukan arrivals ini, dari menu Build pilih arrivals.
Data-data yang diperlukan dalam mendefinisikan arrivals adalah :
- Entity, menunjukan entity apa yang masuk kedalam sistem.
- Location, menunjukaan lokasi pertama kali entity memasuki sistem.
- Quantity Each (Qty Each), menyatakan jumlah entity  yang datang setiap satu kali kedatangan.
- First Time, menunjukkan waktu pertama kali entity masuk kedalam sistem.
- Occurences, menyatakan banyaknya entity setiap satu kali kedatangan.
- Frequency, menyatakan selang waktu antar dua kedatangan yang berurutan.
- Logic, digunakan untuk menyatakan logika-logika lain untuk menyatakan arrival.
- Disable, menyatakan apakah kedatangan entity yang bersangkutan ada atau tidak. Default dalam Promodel adalah No, artinya ada kedatangan entity yang bersangkutan.

Apabila semua data sudah dimasukan tahap terakhir adalah Run. Berikut ini merupakan tampilan output promodel.


Thankyou Semoga Bermanfaat. salam saya jae :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISO 14000

PERENCANAAN ORGANISASIONAL