Belajar membuat simulasi dengan menggunakan software promodel
Pro model
merupakan sebuah alat simulasi berbasis windows yang digunakan untuk
mensimulasikan dan menganalisis sistem.
Proses 1.
Buka icon promodel apabila sudah di instal di komputer
atau laptop. Berikut ini Tampilan awal promodel.
Pilih build.
Menu
build merupakan menu untuk membuat dan mengedit model. Kemudian pilih menu location dan masukan gambar proses
yang akan dibuat pada layout seperti dibawah ini:
Dalam promodel, location diartikan suatu tempat
dalam sistem yang tidak bergerak dimana entity akan menjalani proses,
sebagai tempat penyimpanan atau
tempat untuk aktivitas-aktivitas. Dalam
model yang dibuat, location bisa
mesin-mesin atau stasiun kerja. Pertama
kali yang harus dilakukan adalah memilih icon untuk melambangkan location.
Begitu icon dipilih dan
ditempatkan dalam window layout, maka promodel secara otomatis akan
membuat record untuk lokasi yang bersangkutan.
Data-data yang diperlukan dalam mendefinisikan location
adalah :
- Name, yaitu nama masing-masing location.
- Capacity, merupakan kapasitas location
dalam memproses entity
- Unit, adalah jumlah location yang
dimaksud
- Downtimes (DTs), menyatakan saat-saat location
tidak befungsi, misal karena kerusakan, waktu set-up, dan lain-lain.
- Rules, digunakan untuk merumuskan bagaimana aturan pemrosesan bagi entity yang
memasuki location, bagaimana entity yang selesai diproses mengantri, dan
bagaimana location yang lebih dari satu unit untuk memproses entity yang akan datang.
- Notes, digunakan untuk memasukan catatan atau
program-program lain.
-
Masukan
bahan baku dengan kapasitas 100.
-
Unit
1.
-
Down
times : none
-
Stats
: Time Series
-
Rules
: Oldest
-
Notes
: Kosongkan
Langkah
selanjutnya pilih kembali menu build lalu Entitas.
Entity adalah sesuatu yang menjadi
objek dari suatu proses.Entity dapat berupa part , produk,
manusia atau lembar kerja. Yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih
icon untuk mewakili masing-masing entity. Begitu icon dipilih, Promodel akan membuat record untuk entity yang bersangkutan.
Data-data yang diperlukan untuk mendefinisikan entity
adalah :
- Name, yaitu nama dari entity
- Speed, adalah kecepatan entity bergerak atau
berpindah dari satu lokasi ke lokasi
berikutnya.
- Stats, menyatakan level statistik dalam
mengumpulkan hasil masing-masing tipe entity. Terdapat tiga pilihan yaitu None,
Basic, dan Time Series.
Urutan material yang akan di proses adalah:
1.
Raw Material
2.
Barrel
3.
Gear
Langkah
selanjutnya adalah pilih menu build lalu resorces:
Resources adalah manusia, sebuah
peralatan atau perlengkapan lainnya yang digunakan / bertugas untuk mengantar
sebuah entity. Untuk menentukan resources ini, dari menu Build pilih
Resources.
Data-data yang diperlukan adalah :
- Name, menunjukan nama dari resources
tersebut.
- Units, menunjukan jumlah resource
- Downtimes (DTs), adalah saat-saat location
tidak berfungsi, misalnya karena kerusakan, waktu set-up , dan
lain-lain.
- Specs, menunjukan jaringan yang dilintasi dan
lokasi yang pertamakali dikunjungi.
Berikut
ini kebutuhan operator dengan pekerjaannya:
1. Operator 1 berada di bahan mentah
atau raw material
2.
Operator
2 berada di mesin 1
3.
Operator
3 berada di mesin 2
4. Operator 4 berada di mesin 3
Langkah
selanjutnya pilih menu build lalu path
networks.
Path Networks ini
terdiri dari node-node dan lintasan yang menghubungkan antara node yang satu
dengan node yang lainnya. Untuk menentukan path networks, dari menu Build
pilih Path Networks.
Data yang diperlukan adalah :
- Name, yaitu nama lintasan bersangkutan.
- Type, terdiri dari pilihan non passing artinya
pergerakkan hanya berlaku untuk satu arah, passing yang berarti
pergerakan berlaku untuk dua arah, dan pergerakkan dengan bantuan Crane.
- T/S ,
menunjukan pilihan berdasarkan satuan waktu (Time) atau kecepatan dan
jarak (Speed and distance)
- Path, menunjukan jumlah dari lintasan dalam
suatu jaringan.
- Interfaces, menunjukan jumlah lokasi yang
menghubungkan node dalam path network.
|
Langkah
selanjutnya adalah prosses.
Processing
merupakan operasi yang terjadi di dalam sistem dan dilakukan pada lokasi dan
antar lokasi. Proses merupakan kegiatan pengolahan input yang dilakukan oleh
setiap mesin (lokasi) sehingga akan menghasilkan output tertentu. Dikatakan
pada lokasi karena disini harus diidentifikasikan proses yang terjadi pada
lokasi yang bersangkutan, misalnya lamanya waktu proses, nama material
handling yang membawa dan lamanya waktu perpindahan. Untuk menentukan processing
ini, dari menu Build pilih Processing.
Data-data yang diperlukan untuk mendefinsikan processing
adalah :
- Entity, menyatakan entity sebagai
input yang akan diproses
- Location, adalah operasi yang dilakukan pada
entity (input) termasuk waktu operasinya.
- Block, maksudnya adalah jalur yang ditempuh
entity. Yang diisikan dalam block adalah nomor. Jika nomor blocknya sama maka
asal jalurnya sama.
- Output, menunjukkan entity sebagai output
yang keluar dari proses.
- Destination, menyatakan lokasi yang menjadi
tujuan entity selanjutnya.
- Rule, menyatakan aturan-aturan yang digunakan
dalam processing, misalnya proses perakitan (join), probabilitas, dan lain-lain
- Move Logic, digunakan untuk
mendefinisikan metode pergerakan entity,
yaitu dengan menetapkan waktu
pergerakan atau dengan apa entity
dipindahkan.
Kemudian
langkah selanjutnya pilih build > arival:
Arrivals
Arrivals menyatakan kedatangan entity
dari luar ke dalam sistem. Untuk
menentukan arrivals ini, dari menu Build pilih arrivals.
Data-data yang diperlukan dalam mendefinisikan
arrivals adalah :
- Entity, menunjukan entity apa yang
masuk kedalam sistem.
- Location, menunjukaan lokasi pertama kali
entity memasuki sistem.
- Quantity Each (Qty Each), menyatakan jumlah
entity yang datang setiap satu kali
kedatangan.
- First Time, menunjukkan waktu pertama kali
entity masuk kedalam sistem.
- Occurences, menyatakan banyaknya entity
setiap satu kali kedatangan.
- Frequency, menyatakan selang waktu antar dua
kedatangan yang berurutan.
- Logic, digunakan untuk menyatakan
logika-logika lain untuk menyatakan arrival.
- Disable, menyatakan apakah kedatangan entity
yang bersangkutan ada atau tidak. Default dalam Promodel adalah No,
artinya ada kedatangan entity yang bersangkutan.
Apabila semua data
sudah dimasukan tahap terakhir adalah Run. Berikut ini merupakan tampilan
output promodel.
Thankyou Semoga Bermanfaat. salam saya jae :)
Komentar
Posting Komentar